Siti Nursansan
8820113067
III B - PBSI
A.
Dasar
Pertimbangan Pemilihan Media
Beberapa penyebab sebagian orang memilih
media antara lain adalah:
Sumber:
- Bermaksud mendemonstrasikannya seperti halnya pada kuliah tentang media
- Merasa sudah akrab dengan media tersebut.
- Ingin memberi gambaran atau penjelasan yang lebih konkret
- Merasa bahwa media dapat berbuat lebih dari yang bisa dilakukannya.
Jadi, dasar pertimbangan untuk memilih
suatu media sangatlah sederhana, yaitu dapat memenuhi kebutuhan atau mencapai
tujuan yang diinginkan atau tidak. Mc Connel (dalam Sadiman, 1996 ) mengatakan
bila media itu sesuai,
pakailah ! “If The Medium Fits, Use It!”.
B. Kriteria
Pemilihan Media
Pemilihan
media seyogyanya tidak terlepas dari konteksnya bahwa media merupakan komponen
dari sistem instruksional secara keseluruhan. Karena itu, meskipun tujuan dan
isinya sudah diketahui, faktor-faktor
lain, seperti karakteristik siswa, strategi belajar mengajar, organisasi
kelompok belajar, alokasi waktu dan sumber, serta prosedur penilaiannya juga
perlu dipertimbangkan.
Faktor yang terakhir adalah
efektivitas biayanya dalam jangka watu yang panjang. Namun bila dilihat kestabilan
materi dan penggunaan yang berulang-ulang untuk jangka waktu yang panjang
program media grafis merupakan salah satu contoh media yang dapat digunakan.
Menurut Arsyad (2011) faktor-faktor pemilihan media dapat dilakukan dengan
mempertimbangkan berikut:
- Hambatan pengembangan dan pembelajaran yang meliputi faktor-faktor dana, fasilitas dan peralatan yang telah tersedia, waktu yang tersedia (waktu mengajar dan pengembangan materi dan media), sumber –sumber yang tersedia (manusia dan material);
- Persyaratan isi, tugas dan jenis pembelajaran isi pelajaran beragam dari sisi tugas yang ingin dilakukan siswa, misalnya penghafalan, penerapan keterampilan atau penalaran dan pemikiran tingkatan yang lebih tinggi. Setiap kategori pembelajaran itu menuntut perilaku yang berbeda –beda dan dengan demikian akan memerlukan tehnik dan media penyajian yang berbeda pula;
- Hambatan dari sisi siswa dengan mempertimbangkan kemampuan dan keterampilan awal, seperti membaca, mengetik dan menggunakan komputer, dan karakteristik siswa lainnya;
- Pertimbangan lainnya adalah tingkat kesenangan (preferensi lembaga, guru, dan pelajar) dan keefektifan biaya;
- Pemilihan
media sebaiknya mempertimbangkan pula: (a) Kemampuan
mengakomodasikan penyajian stimulus yang tepat (visual dan atau audio); (b) Kemampuan
mengakomodasikan respons siswa yang tepat (tertulis, audio, dan atau kegiatan
fisik); (c) Kemampuan
mengakomodasikan umpan balik; dan (d) Pemilihan media utama
dan media sekunder untuk penyajian informasi.
- Media sekunder harus mendapat perhatian karena pembelajaran yang berhasil menggunakan media yang beragam.
Dari segi
teori belajar, perlu mendapatkan pertimbangan motivasi, perbedaan individual, tujuan
pembelajaran, organisasi isi, persiapan sebelum belajar, emosi, partisipasi, umpan
balik, penguatan, latihan dan pengulangan, serta penerapan.
C. Model/Prosedur
Pemilihan Media
Bila dilihat dari bentuknya, cara-cara
tersebut dapat dikelompokkan menjadi tiga model.
- Model flowchart yang menggunakan sistem pengguguran atau eliminasi dalam pengambilan keputusan pemilihan
- Model matriks yang menangguhkan proses pengambilan keputusan pemilihan sampai seluruh kriteria pemilihannya diidentifikasi.
- Model checklist yang juga menangguhkan keputusan pemilihan sampai semua kriterianya dipertimbangkan.
Meskipun belum ada penelitian khusus
tentang hal ini, tampaknya model checklist
lebih sesuai untuk membakukan prosedur pemilihan media jadi, model matriks lebih serasi digunakan untuk
pemilihan media rancangan, sedang model flowchart
dapat digunakan baik untuk menggambarkan proses pemilihan media jadi maupun
media perancangan.
Sedangkan kriteria penggunaan media yaitu sesuai dengan tujuan yang
ingin dicapai, mendukung isi pelajaran, praktis, luwes, dan bertahan, guru
terampil menggunakannya, pengelompokan sasaran, dan mutu teknis.
Sumber:
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada
Sadiman,
Arief S. (Dkk). 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan
Pemanfaatannya.Jakarta:
PT Rajagrafindo Persada.